Minggu, 04 Desember 2016

Tips Kesehatan

LEVEL STRESS PADA WANITA

kali ini saya ingin berbagi pada wanita untuk mengetahui tingkat stress anda. Bahwa kita tahu stress bisa memicu depresi, jika berlangsung dalam waktu yang lama, stress juga bisa menimbulkan bayak masalah kesehatan.Dari sejumlah penelitian diketahui bahwa stres bisa menyebabkan stroke, penyakit jatung, melemahnya daya ingat, obesitas dan kerusakan pada sel otak. Nah sangat berbahaya rupanya jika kita membiarkan stress menguasai diri kita. So, Mari kita simak tingkat stress dan cara mengatasinya. Let's see !
Perlu diketahui bahwa wanita rentan stress dibadingka pria. Ada banyak hal ynag menyebabkan seorang menjadi stress, sebut saja beban pekerjaan di kantor, kemacetan lalu lintas, tuntutan kebutuhan hidup dan rusaknya hubungan atau relasi dengan orang lain.
  • Stress karena job load , bisa dibayangkan bahwa setiap pekerjaan memiliki job load yang berbeda pada setiap perusahaan. Perusahaan profesional tentu dapat mengukur job load tiap jabatan di dalam organisasinya. sehingga mengalokasikan jumlah tenaga kerja yang cukup. Sekalipun demikian, job load yang tinggi tetap bisa  terjadi pada jabatan tertentu secara periodik. Cara mengatasinya : mengantisipasi kapan periode lonjakan job load terjadi dan mengatur strategi untuk mengatasinya. namun, jika lonjakan job load ini terjadi terus-menerus dan membuat anda kewalahan contohnya seperti lemur tengah malam maka bicarakan dengan atasan untuk menambah tenaga kerja.
  • Stress karena beban tanggung jawab, tipe ini termasuk stress yang positif. Peningkatan beban tanggung jawab merupakan dampak pengiring dari promosi jabatan. Tentunya dengan jabatan baru untuk anda dapat menimbulkan stress mengenai tanggung jawab jabatan yang anda pegang. Cara mengatasinya : Anda perlu mempelajari strategi baru dalam mencari pengetahuan baru agar bisa menangani peningkatan tanggung jawab ini. Anda harus melihat tugas ini sebagai tantangan untuk meniti karir anda. Dengan begitu anda termotivasi dan tidak menganggap beban tanggung jawab sebagai sumber stress yang menyiksa.
  • Stress karena hubungan dengan atasan/ bawahan/ rekan kerja, stress tipe ini seringkali menyiksa dan bahkan menjadi salah satu alasan untuk mengundurkan diri. Perlu trik khusus untuk mengatasinya.Pertama, anda perlu mengetahui apa masalah dari relasi tersebut Pola komunikasikah? perbedaan karakterkah? konflik peran atau hal lain. Kedua, mencari cara efektif bahkan jika perlu mengubah cara kita dalam berkomunikasi/cara memandang atau menyikapi, misalnya kita memiliki rekan yang senang disanjung dan diakui kompetensinya. Jika kita memerlukan bantuannya selipkan kalimat yang membuatnya merasa diakui kemampuannya dan hindari kalimat yang membuatnya merasa disuruh. 

Nah itu tadi tips untuk mengatasi stress, so, para wanita tunjukkan kemampuan dan profesionalisme pekerjaan anda.
(sumber: Majalah Genie/edisi 36 tahun XII/12-18 Mei 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar